fbpx

Siapa Saja Yang Terlibat Dalam Pembuatan Animasi?



Waktu kita berselancar di internet maupun media sosial, kita sering menjumpai berbagai macam video. Acap kali kita juga menemukan video animasi, entah itu animasi 2D, 3D, ataupun yang jenisnya motion graphic. Sering kali kita menikmati video animasi tersebut, tanpa mengetahui siapa saja aktor di balik video tersebut. Dalam membuat sebuah video animasi, terdapat beberapa aktor yang memiliki andil sehingga video tersebut dapat kita nikmati lewat smartphone kita. Siapa saja ya aktor-aktor tersebut? Yukk kita cari tahu. 

Dalam sebuah tim produksi video animasi, banyak sekali penyebutannya namun secara garis besar terdapat bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan. Berikut aktor-aktor di balik layar pembuatan sebuah video animasi:

 

  • Script Writer

Sebelum membuat video pastinya kita memerlukan sebuah naskah. Nah tugas sang pembuat naskah disebut sebagai script writer atau penulis naskah. Dengan adanya script writer, kita dapat mengetahui struktur kasar cerita animasi, alur cerita, hingga karakter dalam animasi tersebut. Untuk menarik perhatian penonton, maka buatlah naskah yang menarik ya. 

 

  • Character Designer

Pekerjaan animasi yang kedua adalah character designer atau orang yang membuat desain karakter animasi. Desain karakter adalah proses visualisasi karakter berdasarkan naskah yang sudah dibuat oleh script writer. Keduanya harus memiliki korelasi supaya sifat karakter bisa direpresentasikan dengan sempurna lewat visual. Dari sana, kamu bisa mulai membuat bentuk tubuh, pose, ekspresi, dan gaya busana tokoh. Karena pada dasarnya, tugas animator yang satu ini mesti bisa menciptakan konsep penokohan yang matang.

 

Nah setelah dari naskah, maka berikutnya pindah ke pembuatan karakter berdasarkan naskah yang sudah dibuat, ini merupakan tugas dari character designer. Keduanya harus memiliki benang merah agar karakter yang diciptakan bisa dipresentasikan sempurna lewat visual. Di sini character designer harus dapat menciptakan konsep penokohan yang matang.  

 

  • Voice Over Artist

Supaya video yang dibuat semakin menarik, maka dibutuhkan Voice Over, yang biasa disebut pengisi suara. Dalam video animasi, voice over bisa digunakan untuk mengisi suara dialog, sehingga dapat membawa kehidupan dan emosi dari naskah sehingga penonton dapat merasakan suasana dari cerita yang disampaikan. Pemilihan Voice Over juga perlu kamu lakukan agar karakterisasinya sesuai dengan naskah. 

 

  • Video Editor

Nah, setelah semua tahapan tadi, maka pindah ke proses penggabungan dari materi-materi yang dimiliki, seperti scenes, sound effect, rekaman voice over, dll. Secara garis besar, video editor memiliki tanggung jawab yang besar karena dia yang mengeksekusi video tersebut hingga bisa dinikmati oleh penonton. Menjadi video editor memang memiliki tantangan tersendiri, namun dengan kepuasan penonton, tantangan tersebut terbayar lunas. 

 

Animasi Studio sebagai tempat pembuatan animasi juga memiliki tim seperti dijelaskan di atas sehingga dapat menghasilkan video animasi motion graphic yang berkualitas. Animasi Studio memiliki produk Animasi Custom dan Animasi Express dimana kedua produk tersebut dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contohnya, Animasi Custom merupakan video animasi yang dirancang dari nol yang disesuaikan dengan ide dari klien. Animasi Custom di Animasi Studio sendiri memiliki 3 jenis paket, yaitu Paket Silver, Gold, dan Platinum. Untuk detail tentang produk Animasi Studio bisa langsung chat WA ke +62 811-2937-467