fbpx

Jasa Pembuatan Film Animasi 2D dengan Harga Terjangkau



Dalam beberapa tahun terakhir, penyedia jasa pembuatan film animasi semakin diminati. Kebiasan seseorang menghabiskan waktunya di dunia maya. Salah satunya adalah menonton sebuah animasi atau kartun.

 

Faktanya, hingga sekarang kartun atau animasi menjadi salah satu genre film paling favorit. Ada banyak alasan mengapa kartun menjadi cukup populer. Salah satunya adalah dibawakan dengan gaya lebih segar.

 

Berbeda dengan film nyata, animasi justru menggunakan karakter 2D. Setelah itu dilengkapi dengan adanya voice over dari beberapa orang. Ketika sudah jadi, maka bisa dinikmati untuk melepaskan penat.

 

jasa pembuatan film animasi

 

Komponen yang Utama Dalam Pembuatan Animasi

 

Membuat sebuah kartun tidak semudah yang dibayangkan. Perlu proses panjang dan biaya besar untuk membuatnya. Ditambah ada beberapa komponen yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

 

  1. Ide Cerita

 

Storyboard bisa diartikan sebagai ide cerita dalam bentuk sketsa gambar. Kamu bisa memahaminya sebagai sebuah komik kasar. Komik inilah yang menjadi ide dasar dalam sebuah cerita film animasi tersebut.

 

  1. Dialog

 

Sketsa tidak akan lengkap jika tidak adanya sebuah monolog serta dialog. Keduanya berperan untuk memberikan kesan terhadap film. Karakter 2D akan memiliki dialog percakapan seperti umumnya.

 

  1. Dubber atau Voice Over

 

Script tersebut kemudian akan dibacakan dengan intonasi tertentu. Seorang voice over umumnya adalah seorang dubber. Mereka adalah orang-orang dengan kemampuan mengubah karakter suara menjadi berbagai karakter sekaligus.

 

Komponen Audio untuk Meningkatkan Film Animasi

 

Untuk meningkatkan kualitas dari film animasi tersebut, maka ada komponen audio. Komponen audio sendiri terdiri dari 3 hal penting. Selama 3 hal tersebut terpenuhi, maka animasi akan jauh lebih menarik.

 

  1. Voice Over

 

Sama seperti sebelumnya, VO atau voice over membuat karakter tampak lebih nyata. Seorang VO akan membacakan dialog yang telah ditentukan sebelumnya. Dialog tersebut tertulis dalam script storyboard.

 

  1. Sound Effect

 

Film akan jauh lebih menarik ditonton ketika memiliki sound effect. Bahkan, untuk animasi sekalipun tetap membutuhkan adanya sound effect. Beberapa sound effect tentu membuatnya tampak lebih hidup.

 

  1. Musik

 

Musik dipakai pada beberapa scene, misalnya opening dan closing. Namun, tidak jarang penyedia jasa pembuatan film animasi menyisipkan di tengah film. Hasilnya tentu juga lebih baik karena lebih hidup.

 

Proses Pembuatan dari Film Animasi

 

Sebenarnya, animasi memiliki proses pembuatan yang cukup lama. Meskipun tidak menggunakan pemeran hidup, tapi pembuatannya sangat melelahkan. Beberapa tahapan harus dilakukan jika ingin mendapatkan hasil memuaskan.

 

  1. Naskah

 

Tahap pertama adalah menentukan tema hingga rincian film. Biasanya, isi naskah tergantung dari jenis animasi yang diinginkan. Misalnya saja adalah untuk explainer atau jenis yang lainnya.

 

  1. Storyboard

 

Naskah akan dibuat menjadi lebih detail menggunakan sketsa gambar. Biasanya, sketsa gambar akan dibagi menjadi beberapa bagian dan sub bagian. Selain itu diberikan juga jeda waktu per bagian.

 

  1. Drawing and Background

 

Ketika sudah ada pembagian secara detail, maka proses selanjutnya adalah membuatnya menjadi bagian film. Umumnya dilakukan proses menggambar karakter, latar belakang, hingga lingkungan. Gambar dibuat dengan bentuk 2D.

 

  1. Animation and Coloring

 

Gambar-gambar tersebut kemudian masuk pada tahap selanjutnya. Karakter 2D kemudian diubah menjadi gambar bergerak. Selain itu, pada saat memasuki tahap ini maka juga diberikan warna oleh jasa pembuatan film animasi.

 

  1. Editing

 

Ini mungkin menjadi salah satu tahap paling sulit. Pada tahap ini gambar bergerak tersebut akan diubah menjadi squences. Selain itu dilakukan penyesuaian terhadap jeda waktu dalam storyboard sebelumnya.

 

  1. Voice and Music Editing

 

Sebuah film animasi 2D harus diberikan voice dan musik supaya lebih hidup. Hal ini sangat penting demi memberikan suasana tertentu. Kamu juga pastinya paham tentang pentingnya tahap ini, bukan?

 

  1. Packaging

 

Tahapan terakhir adalah menggabungkan semua potongan-potongan tersebut menjadi 1 bagian utuh. Tidak ada lagi editing-editing lainnya, melainkan sudah tahap final. Biasanya juga akan dilakukan uji akhir sebelum benar-benar dirilis.

 

Jasa Pembuatan Film Animasi yang Terpercaya

 

Karena pentingnya film animasi, kamu bisa datang ke tempat kami. Kamu bisa menggunakan jasa dari Animasi Studio jika ingin mendapatkan sebuah hasil memuaskan. Cukup dengan menghubungi nomor kami di +62-811-2937-467.

 

Baca Juga : Jasa Pembuatan Video Animasi Explainer

 

Kami menawarkan sebuah pembuatan film animasi dengan detail yang rapi, jelas, dan bersih. Film buatan kami bisa dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya video animasi explainer.

 

Animasi Studio menawarkan jasa untuk kamu yang ingin dibuatkan kreasi menarik, unik, dan berkualitas. Dengan jasa pembuatan film animasi dari kami, maka kamu pas puas.