fbpx

Sebelum Menggunakan Jasa Buat Animasi 2D, Pahami Tekniknya di Sini



Keberadaan jasa buat animasi 2d semakin diminati semua orang karena tayangan berbentuk 2 dimensi ini berhasil memikat hati semua orang saat melihatnya pertama kali. Umumnya animasi berbentuk 2 dimensi ini sering digunakan pada film kartun anak-anak.

Di samping itu tayangan ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan video iklan dan pelajaran di sekolah. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa instansi pemerintah sering menggunakan animasi berbentuk dua dimensi ini untuk video layanan masyarakat. Melihat hal tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa keberadaannya sangat bermanfaat sekali.

Animasi 2 dimensi sendiri merupakan sebuah proyeksi yang digambarkan pada titik koordinat x serta y. Jadi cara pembuatannya berbeda sekali dengan gambar berbentuk tiga dimensi. Karena dalam tayangan 3D itu memakai titik koordinat x, y, dan z.

jasa buat animasi 2d

Umumnya animasi dua dimensi sering disebut sebagai film kartun. Animasinya berasal dari gabungan beberapa gambar yang kemudian digerakkan secara beruntung dengan cepat. Beberapa gambar itu dibuat dari pose yang berbeda sehingga terbentuklah gambar utuh saat pembuatannya.

Manfaat Animasi 2D dalam Kehidupan

Ada banyak manfaat dari tampilan dua dimensi saat ini. Tayangan yang biasa dipakai dalam beberapa film kartun ini ternyata bisa digunakan untuk apa saja. Selain bisa dimanfaatkan untuk media hiburan semua orang, karena bisa dipakai untuk pembuatan film kartun, ternyata manfaat lainnya masih banyak.

Dalam dunia bisnis, animasi 2D bisa memberikan kemudahan dalam melakukan promosi. Karena dari segi harga tentunya harganya jauh lebih terjangkau proses pengerjaannya daripada menggunakan gambar berbentuk tiga dimensi. Hanya dengan memilih jasa buat animasi 2d yang tepat akan memudahkan kamu menjelaskan setiap produk secara detail.

Baca Juga : Jasa Animasi Terbaik

Sehingga konsumen akan tetap tertarik ketika melihat profil perusahaan kamu secara langsung. Bahkan seperti yang terlihat, meski popularitas dari animasi berbentuk 3 dimensi meningkat, namun tetap saja 2D memainkan peranannya secara sentral dalam dunia animator.

Sejak kemunculannya di awal tahun 1900-an, keberadaan gambar dua dimensi ini memberikan banyak manfaat pada proyek apa saja. Salah satunya memberikan efisiensi kepada penggunanya. Karena animasi itu umumnya butuh proses yang panjang dan tidak sederhana.

Sebagai seni, butuh kreativitas dan keterampilan untuk menghasilkan karakter, objek, dan gambar yang menarik untuk audiens sesuai targetnya. Maka dari dari itu keberadaan seorang jasa buat animasi 2d itu penting sekali agar cerita dan pesan yang disampaikan lebih akurat dan mudah dipahami oleh semua orang.

Macam-Macam Teknik Animasi 2D secara Umum

Sebelum menggunakan jasa seorang animator, maka penting bagi pengguna layanannya memahami beberapa tekniknya dulu. Sehingga mereka tahu bagaimana prosesnya dan hasilnya akan menjadi seperti apa. Berikut ini adalah macam-macam teknik animasi dua dimensi secara umum yang digunakan oleh seorang animator, antara lain:

  1. Teknik sell ini merupakan cara pembuatan gambar berbentuk manual. Karena dimulai dari membuat serangkaian gambar di atas lembaran transparan. Dalam praktiknya, animator akan menciptakan latar depan dan belakang sekali saja. Ini adalah cara klasik untuk pembuatan film di zaman dahulu kala.
  2. Teknik computing 2D. Daripada cara sebelumnya, teknik ini lebih baik kualitas hasilnya. Selain itu seorang jasa buat animasi 2d semakin mudah menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan teknik computing. Karena saat ada perubahan dan kesalahan dalam pembuatannya, maka proses editingnya tidak memakan waktu lama.
  3. Teknik bayangan. Strategi ini sering dimanfaatkan untuk pertunjukan sebuah wayang kulit. Jadi teknik bayangan ini memakai kulit atau karton dalam pembuatan objek animasinya. Ketika pertunjukannya berlangsung, maka objeknya akan ditampilkan langsung dari samping memakai sorot lampu belakang layar. Sehingga timbul efek objek nyata.

Dalam hal ini tahapan pembuatan animasi berbentuk dua dimensi itu dibedakan ke dalam 3 tahap. Yaitu pra-produksi, produksi, dan juga paska-produksi. Masing-masing tahapannya ada beberapa poin penting yang wajib diperhatikan. Itu karena dalam prosesnya dipengaruhi oleh isi ceritanya.

Jadi sebelum memakai layanan animator berbentuk 2D, alangkah baiknya kamu memahami dulu seperti apakah prosesnya dengan baik. Untuk itu bila kamu tertarik menggunakan tampilan berbentuk 2 dimensi, terlebih motiongraphic untuk mendukung kegiatanmu, segera hubungi Animasi Studio ya.