fbpx

Menggunakan Efek Video Animasi yang Menarik untuk Media Pembelajaran



Efek Video Animasi Versi Animasi Studio

Berbicara mengenai efek video animasi, tentu bukan hanya sekedar berbicara mengenai tampilan yang ada di media massa seperti televisi. Kegunaannya lebih daripada itu. Apalagi saat ini, jaman sudah memasuki era digital dan tentunya menuntut segala sektor agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin teknologi digital yang ada.

Oleh karenanya, teknologi digital inilah yang bisa digunakan dalam dunia belajar mengajar yang jelas di bidang pendidikan. Akan sangat erat kaitannya dengan usaha membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dibandingkan dengan metode ceramah. Jelas saja akan berbeda dan jauh perbedaannya. Yang dituntut tentulah kreatifitas guru untuk menyediakan media pembelajaran tersebut.

Penggunaan Efek Video Animasi yang Menarik untuk Media Pembelajaran

Video Animasi Membuat Siswa Lebih Tertarik

Memang tidak bisa dipungkiri jika siswa akan lebih tertarik kepada hal-hal yang mempunyai kemampuan menyampaikan secara visual yang tinggi. Apa yang dilihat tentu akan sangat mudah diinterpretasikan oleh para siswa. Jika yang mereka lihat bukanlah sesuatu yang menarik, maka kemungkinan mereka untuk semangat belajar bisa menurun atau berkurang.

Efek Video Animasi

Tidak heran juga bahwa salah satu solusi dari ketidak menarikan media pembelajaran saat ini mulai diakali dengan menggunakan efek video animasi. Adanya ragam warna yang terdapat dalam video animasi membuat para siswa semakin bersemangat dan aktif. Apalagi video animasi adalah bentuk yang hampir serupa dengan keadaan nyata.

Siswa Tidak Akan Heran Karena Sudah Familiar

Tidak bisa dipungkiri bahwa siswa sudah familiar dengan efek video animasi. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya tayangan di televisi yang membuat anak-anak sedari awal memang sudah menggemarinya. Jadi, ketika hal yang sama diterapkan dalam pembelajaran, jelas saja ini akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya ia akan mudah untuk mengeksplorasi dan berpikir kreatif dari apa yang dilihatnya.

Namun disamping itu, penggunaan efek video animasi ini pun harus disesuaikan dengan karakteristik siswa. Jangan terlalu berlebihan karena tujuan seutuhnya adalah membelajarkan kepada siswa sesuatu yang bisa bermanfaat. Apalagi sekolah sudah mempunyai rancangan pembelajaran pada tiap pertemuan yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan oleh guru saat ingin memilih video animasi yang akan diberikan kepada siswa. Adapun cara-cara tersebut akan berkaitan dengan kesesuaian dengan beberapa indikator pembelajaran yang akan disampaikan. Adapun cara-cara yang dimaksud ialah sebagai berikut:

Cara Memilih Efek Video Animasi yang Menarik untuk Media Pembelajaran

Video Tidak Terlalu Panjang

Pertama, pastikan bahwa video animasi tidak terlalu panjang. Meskipun tampilannya menarik, namun perlu diingat bahwa anak-anak adalah tipe yang mudah bosan. Sehingga benar-benar bijaklah mengatur durasi video animasi yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Menyusun dengan Sistematis

Kedua, menyusun video animasi secara sistematis dan terarah. Hal ini diawali dengan membuat bagian-bagian apa saja yang akan dijelaskan melalui media tersebut. Sehingga akan diketahui seberapa besar andi video animasi untuk bisa mencakup keseluruhan materi yang sedang diajarkan ketika pembelajaran berlangsung.

Memilih Aplikasi Paling Tepat

Memilih aplikasi yang tepat untuk membuat video animasi. Guru yang kreatif tentu bisa membuat atau setidaknya mempelajari cara membuat video animasi dengan aplikasi tertentu. Saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia serta beragam kemudahan yang ada di dalamnya. Jadi,  hal ini memang sudah dibuat untuk meminimalkan kesulitan.

Itulah hal-hal terkait penggunaan  Efek Video Animasi yang menarik untuk media pembelajaran. Kebijaksanaan guru dalam menentukan animasi yang tepat serta cara-cara pembuatannya adalah hal terpenting. Untuk itu, segera menentukan aplikasi yang tepat kemudian mulailah membuat video animasi semenarik mungkin.

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?