fbpx

Contoh Video Explainer yang Sebaiknya Dihindari



Contoh Video Explainer yang Sebaiknya Dihindari oleh Studio Animasi

Menurut Oscar Wilde kesalahan itu bisa menjadi suatu pengalaman bagi kita. Namun kalau kita membahas tentang contoh video explainer maka sebaiknya tidak membuat kesalahan. Dalam artian jangan sampai video tersebut malah tidak berhasil menyampaikan pesan kepada audiens.

Sehingga Anda jadi tidak bisa mengubah audiens menjadi pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda. Nah, untuk menghindari kesalahan tersebut coba perhatikan ciri-ciri video explainer yang sebaiknya tidak diterapkan.

Ciri-Ciri Video Explainer yang Sebaiknya Tidak Digunakan

Durasi Waktunya Terlalu Lama

Meski bertujuan menjelaskan tentang bisnis Anda namun sebaiknya video explainer berdurasi singkat saja. Karena bisa terlalu panjang bisa jadi membosankan. Bahkan mungkin saja audiens malah gagal paham apa maksud dan tujuan video Anda tersebut. Apabila Anda pemula bisa melihat-lihat contoh video explainer yang baik di internet untuk referensi.

Melupakan Siapa Target Audiensnya

Tentu Anda tidak menjual produk atau layanan untuk semua orang dari berbagai usia dan kalangan. Kalau tidak menentukan dulu target audiensnya maka video Anda bisa jadi tidak terarah. Jadi fokuslah kepada siapa Anda ingin menyampaikan video tersebut. Contoh video explainer yang baik itu mampu menarik audiens sesuai dengan targetnya.

Kualitas-Kualitas yang Terlupakan dalam Video

Mengabaikan Kualitas Naskah

Naskah atau script sebenarnya menjadi pondasi sebuah video explainer. Dari script inilah semuanya berawal. Namun memang tidak sedikit orang yang tidak menyadari betapa pentingnya script ini. Jika Anda ingin membuat video explainer yang menarik dan efektif maka nomor satu perhatikanlah scriptnya. Bila perlu Anda bisa menggunakan jasa scriptwriter atau penulis naskah untuk membantu mengerjakannya.

Mengabaikan Kualitas Visual Video

Contoh video explainer yang baik memang mencakup banyak hal. Setelah menentukan target audiens dan menulis script video yang tepat, Anda perlu memerhatikan kualitas video itu sendiri. Apapun jenis video explainer Anda. Apakah itu live action ataukah animasi. Coba bayangkan jika kualitasnya rendah pasti audiens tidak akan betah karena videonya buram.

Kelemahan dalam Proses Hingga Peluncuran Video

Fokus Hanya Kepada Fitur

Sebenarnya audiens lebih cepat bosan jika Anda hanya melulu menceritakan fitur produk atau layanan Anda. Yang benar-benar ingin didengar dan diketahui audiens adalah manfaat yang bisa mereka dapatkan. Jadi contoh video explainer yang baik itu lebih mengutamakan penjelasan manfaat produk atau layanannya. Ketimbang hanya menjelaskan fitur-fiturnya saja.

Videonya Terlalu Serius

Karena saking fokusnya Anda jadi membuat video yang amat sangat serius. Sehingga video explainer jadi terkesan kaku. Tenang saja, tidak perlu terlalu serius. Malah kalau begitu audiens akan bosan menontonnya. Hadirkan suasana ceria dalam video explainer Anda. Berikan latar belakang lagu yang riang. Dan kemaslah videonya dalam bentuk cerita yang menyenangkan. Justru ini yang membuat audiens menyukainya.

Tidak Menggunakan Suara Profesional

Suara profesional seperti apa? Yang dimaksud adalah dubber atau pengisi suara untuk narasi video Anda. Video explainer haruslah disertai narasi sebagai penjelas alur ceritanya. Nah, bila kualitas naratornya tidak memuaskan maka audiens pun jadi tidak tertarik, bukan. Maka dari itu sebaiknya gunakanlah jasa pengisi suara profesional.

Tidak Merencanakan Rilis Video

Karena ini adalah contoh video explainer untuk bisnis. Bukan video boomerang atau video traveling Anda untuk diunggah di Instagram. Jadi penting untuk menentukan kapan Anda akan merilis video tersebut. Promo apa saja yang ingin dilakukan hingga hari-H, agar audiens semakin mengantisipasi. Lalu di platform mana saja Anda akan merilisnya. Meski terkesan sepele namun semua ini sangat penting direncanakan.

Itulah tadi beberapa contoh video explainer yang selayaknya Anda hindari. Jika ingin membuat video explainer secara profesional ada baiknya Anda menggunakan jasa agensi atau advertising yang siap memberikan layanan maksimal.

 

 

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?