Cara Membuat Video Animasi untuk Pemula



Cara Membuat Video Animasi untuk Pemula – Saat pertama kali mendengar kata video animasi, apa yang Anda pikirkan?

 

Kebanyakan orang akan menjawab kartun, anak-anak, atau gambar bergerak, namun sebenarnya apa sih video animasi itu?

 

Video animasi merupakan kumpulan gambar yang digerakan yang disusun dari banyak objek dengan runtutan cerita menarik. Saat ini video animasi tidak hanya digunakan untuk kepentingan hiburan, namun juga digunakan untuk sarana promosi dalam bisnis.

 

Video animasi merupakan media promosi soft selling sehingga audiens tidak akan ‘dipaksa’ untuk mengonsumsi iklan yang kita selipkan di dalam video animasi tersebut. Saat ini video animasi telah banyak digunakan baik untuk swasta, pemerintah, atau perorangan. Oleh karena itu, peluang bagi kita terbuka sangat luas untuk mempelajari video animasi.

 

Cara membuat video animasi terbaik

 

Bagi Anda yang berminat untuk menjajal dunia pembuatan video animasi, berikut langkah-langkah yang bisa digunakan bagi pemula untuk membuat video animasi.

 

1. Tahap brainstorming

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat video animasi adalah brainstorming (olah ide). Di dalam tahap brainstorming ini Anda akan mencari berbagai bentuk ide yang cocok digunakan. Jangan lupa untuk tetap berpatokan dengan tujuan utama pembuatan video animasi.

 

2. Narasi dan jalan cerita

 

Setelah tahapan brainstorming, Anda harus membuat narasi yang menjelaskan alur cerita dari video animasi tersebut. Tetap perhatikan target audience dan pastikan gaya bahasa Anda sudah sesuai dengan audiens serta fokuskan pesan yang ingin Anda sampaikan di dalam video.

 

3. Menyusun storyboard

 

Storyboard atau papan cerita adalah perwujudan imajinasi dalam bentuk gambar dari konsep dan narasi yang telah dibuat sebelumnya. Dengan adanya storyboard Anda akan terbantu dalam membuat video animasi secara keseluruhan berdasar urutan adegan dan visual dalam animasi.

 

4. Memilih perangkat lunak animasi

 

Anda perlu mempelajari perangkat lunak animasi yang sederhana seperti Powtoon, Vyond, atau Blender (gratis). Software tersebut memiliki antarmuka yang cukup intuitif dan menyenangkan untuk dipakai oleh pemula. Anda bisa mempelajari cara kerja software animasi tersebut melalui tutorial online dari Youtube atau panduan lainnya.

 

5. Membuat Video Animasi

 

Jika sudah menentukan perangkat lunak yang cocok, buatlah karakter dan objek yang diperlukan untuk animasi Anda. Anda bisa menggunakan alat-alat desain dalam perangkat lunak animasi. Setelah itu saatnya Anda mulai membuat video animasi dengan karakter dan objek yang sesuai dengan cerita Anda.

6. Tambahkan suara atau audio dalam animasi

 

Cara Membuat Video Animasi untuk Pemula – Video animasi tidak lengkap jika tanpa suara, Anda perlu menambahkan audio terbaik dengan merekam atau mengunduhnya melalui internet. Sesuaikan musik dan efek yang relevan dengan video animasi untuk mendapatkan kualitas video animasi terbaik.

 

7. Tahap editing video

 

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda perlu memastikan apakah video animasi yang Anda buat sudah maksimal dan tidak ada revisi. Anda perlu menonton kembali video animasi yang Anda buat dan lakukan editing jika dirasa ada yang perlu diperbaiki. Anda mungkin perlu mengedit durasi, menambahkan efek, atau menyesuaikan timing.

 

Demikian beberapa cara dan tips yang dapat Anda lakukan saat ingin membuat video animasi. Namun, jika Anda ingin membuat video animasi tanpa perlu repot untuk keperluan bisnis Anda, serahkan permasalahan Anda ke Animasi Studio. Jasa pembuatan video animasi terbaik dan tercepat se-Indonesia. Segera hubungi nomor WA dari Animasi Studio sekarang!

 

Hubungi Whatsapp