fbpx

Ingin Buat Video Animasi? Ini Panduannya untuk Pemula



Sekarang ini buat video animasi semakin mudah karena banyak perusahaan menawarkan jasa pembuatan video animasi kepada semua orang. Karena pesan yang diberikan lewat video itu lebih mengena dan disukai oleh semua orang daripada hanya menggunakan tulisan saja.

Itulah sebabnya saat ini banyak orang menggunakan platform berbasis video secara online untuk mencari berita informasi atau sekedar hiburan saja. Karena lewat platform tersebut mereka bisa melihat banyak sekali aneka konten video yang unik sesuai minatnya.

buat video animasi

Maka dari itu bila kamu ingin menciptakan karya berbentuk video namun malu memperlihatkan diri, solusinya adalah buat video animasi saja! Meski terbilang sulit, namun ternyata pemula juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Mereka hanya perlu mempersiapkan beberapa hal penting untuk membuatnya seperti di bawah ini:

Pentingnya Menyusun Naskah dan Storyboard saat Menciptakan Video Animasi

Menyusun sebuah naskah terlebih dahulu itu penting sekali bila kamu ingin menciptakan video animasi. Naskah yang dibuat tersebut akan lebih mudah diaplikasikan bila memuat beberapa hal seperti tujuan pembuatan, untuk siapa videonya, pesan yang disampaikan seperti apa.

Kemudian, urutan videonya harus jelas, begitu juga dengan bahasanya. Panjang naskah juga perlu diperhatikan bila ingin membuatnya. Dari sinilah kamu juga perlu memikirkan bagaimana reaksi para penonton setelah melihatnya. Dengan melihat aspek itu, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa isi videonya.

Sebaiknya buat video animasi sesuai dengan pesan yang mau ditunjukkan kepada semua orang. Jangan terlalu berbelit-belit saat memperlihatkannya karena hal tersebut membuat penontonnya mudah bosan. Yang paling penting disini adalah usahakan para penonton bisa menikmati dan memahami isinya dulu.

Baca Juga : Jasa video iklan layanan masyarakat

Selanjutnya saatnya membuat storyboard yang berguna untuk memvisualisasikan ide ceritanya. Dalam hal ini, storyboard adalah gambaran kasar dari isi videonya yang disusun rapi sesuai naskahnya. Bagi seorang pemula, cara ini akan cukup membantu mereka dalam membuat karya seperti keinginannya.

Tentukan Jenisnya dan Voice Over saat Menciptakan Video Animasi

Tugas kamu berikutnya adalah tentukan jenis videonya dulu. Karena saat ini varian dari jenis videonya semakin banyak. Misalnya saja seperti berbentuk 2D, 3D, motion graphic, animasi whiteboard, tipografi, infographic, dan stop motion. Beberapa pilihan jenis videonya tersebut harus diperhatikan untuk memvisualisasikan karyanya.

Setelah itu saatnya menciptakan voice over sesuai naskahnya. Namun sebelum itu pastikan bahwa dalam naskahnya sudah berisi durasi sampai voice overnya dulu agar tidak bingung. Dengan cara inilah hasilnya akan terlihat lebih memuaskan dan video animasinya sudah ada voice overnya.

Mengapa harus membuat voice over dulu? Kenapa tidak membuat animasinya dulu? Ini penting sekali karena bila terjadi masalah, kamu bisa lebih mudah memperbaiki animasi daripada harus mengganti animasinya secara keseluruhan. Dalam memilih pengisi voice over tidak boleh asal.

Pilih yang memiliki karakter seperti animasi yang ada dalam animasi kamu sebagai pengisi voice over. Bila animasinya tentang anak-anak, sebaiknya gunakan pengisi suara dengan karakter yang sama. Yaitu karakternya ceria. Sedangkan untuk orang dewasa itu bisa memilih pengisi suara yang berwibawa.

Buat Video Animasi dengan Menyisipkan Background Musik

Bila semuanya sudah disiapkan, saatnya untuk menciptakan animasinya sendiri dengan menyiapkan beberapa perlengkapan penting lainnya dulu. Yaitu software (situs pembuat animasinya), PC, dan koneksi internet. Kamu bisa mengandalkan skill sendiri jadi tidak harus mahal ketika tinggal di daerahnya.

Namun bila merasa masih tidak yakin dengan kemampuan sendiri, saatnya menggunakan jasa pembuatan animasi sekarang juga. Sehingga hasilnya semakin sempurna dan lebih fokus terhadap tema yang dibuatnya Akan tetapi bila ingin membuatnya sendiri, jangan lupa tambahkan background musik di belakangnya.

Background musik ini akan memberikan ceritanya semakin menarik. Namun efek musik yang dipilih harus sesuai dengan temanya dulu. Bila bertemakan ceria, maka pilih yang sesuai dengan hal tersebut agar suasananya semakin nyata. Hal yang sama juga berlaku pada tema sedih.