fbpx

2021 TAHUNNYA VIDEO MARKETING. KOK BISA?



Audience saat ini boleh dikatakan sudah bosan dengan cara pemasaran yang berfokus pada penjualannya saja. Audience saat ini sudah dapat membedakan mana cara pemasaran hanya berfokus pada penjualan saja dengan cara pemasaran yang memberikan nilai lebih kepada audience. Salah satu cara pemasaran yang memungkinkan brand bisa terhubung dengan audiencenya hingga pada titik personal adalah video marketing. Dengan kombinasi animasi, video marketing dipercaya menjadi digital marketing paling efektif di tahun 2021. 

3 Alasan Menggunakan Video Marketing

Video marketing membuat audience melihat brandmu. 

Dengan menggunakan video marketing, kamu bisa mencuri atensi dari para audiens di media sosial atau media lainnya. Dengan menggunakan video, kamu bisa menarik perhatian dan memotivasi mereka untuk terus menonton serta mendengarkan pesan/informasi apa yang ingin kamu sampaikan. Lebih lanjut, saat menggunakan video marketing, kamu bisa memasang logo, slogan, dan menekankan warna brand yang kamu miliki agar lebih mengena di audience. 

Video marketing membuat audience mendengar infomu. 

Musik yang merdu, sound efek yang menarik, dan voice over akan membuat video marketing menjadi lebih menarik. Dengan kondisi ini, audience tidak hanya melihat apa yang kamu namun juga bisa mendengar pesan dari brand. Dalam video marketing, kamu juga memasang perumpamaan, moto brand, sehingga video marketing yang kamu buat menjadi lebih menarik. 

Video marketing membantu audience memahami ide dari brandmu. 

Video adalah tool terbaik untuk mengkomunikasikan informasi komplek menjadi lebih mudah dipahami. Dalam video marketing bisa kamu tambahkan unsur humor dan lucu agar audience tidak bosan, sehingga dapat memahami pesan dan ide dari brand secara keseluruhan. 

 

2021 TAHUNNYA VIDEO MARKETING

5 Top Trend Video Marketing 2020-2021

Video Animasi Explainer

Video animasi explainer biasanya digunakan untuk video brand, digunakan untuk menjelaskan product atau layanan secara cepat dan kreatif. Rata-rata durasi videonya di bawah 1 menit dan brand tersebut menjelaskan keunikan mereka lewat ilustrasi dan animasi. Mereka juga menjelaskan ide-idenya lewat cara yang menyenangkan. Video animasi explainer ini sangat populer untuk B2B (Business to Business), dari sektor keuangan, kesehatan, hingga digital marketing bisa menggunakannya.  

Animasi komersial 2D dan 3D

Brand menggunakan animasi di iklan media sosial, pameran, produk demi, landing page, dan spot lainnya yang dibisa dipasangi video animasi. Video animasi komersial yang kreatif sering menyentuh sisi emosional dan membangun ikatan yang kuat antara brand dengan customers. Video bisa menjadi kekuatan super untuk membangun engagement dan loyalitas. 

Kombinasi animasi dan live-motion

Dengan mengusung konsep yang sama dengan augmented reality ini membuat video animasi semakin menarik dan berbeda. Dengan menggunakan konsep ini, creator dapat berimajinasi secara bebas dalam mengenalkan sebuah brand dengan beberapa efek kejutan.

Video marketing whiteboard

Animasi whiteboard itu seperti proses menggambar pada sebuah cerita ke penonton. Jenis animasi ini sangat populer karena biaya produksinya lebih murah daripada video animasi 3D. Keuntungan yang paling menonjol saat menggunakan animasi whiteboard adalah penjelasan yang diberikan bisa secara konsisten dan digambarkan di video tahap per tahap. Dengan menggunakan animasi whiteboard dapat membantu penonton untuk memahami informasi yang rumit secara lebih cepat. Animasi whiteboard kerap digunakan untuk promosi acara, marketing produk, hingga iklan brand. 

Integration across a marketing funnel

Video sudah menjadi bagian dari keseluruhan funnel marketing. Video animasi dapat menemani pelanggan mulai dari interaksi pertama pelanggan ke brand hingga melakukan aksi pembelian. Ini memungkinkan perusahaan untuk membagikan tips bermanfaat dan rekomendasi pada setiap tahapan sehingga pengalaman mereka semakin menarik. 

Disadur dan disesuaikan :  https://customerthink.com/why-2021-will-be-the-year-of-animated-video-marketing/