Table of Contents
Kamu mungkin sudah tahu apa itu animasi, namun bagaimana dengan istilah-istilah di industri ini? Mungkin jawabannya adalah tidak. Nah, di dalam dunia animasi ada banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan komponen-komponen dalam animasi.
Apa saja istilahnya? Yuk kenali 20 istilah umum yang sering dipakai para animator untuk membuat video animasi.
Tertarik dengan dunia animasi dan mau mendalami industri ini? Cocok banget, tulisan ini akan membantu kamu mengenal istilah-istilah yang sering digunakan oleh para animator. Jadi kamu bisa pemanasan dan belajar 20 istilah yang ada dalam animasi berikut ini.
1. Animator
Animator adalah sebutan untuk orang yang mengerjakan pembuatan video animasi. Mereka bertugas menggambar ilustrasi hingga mengedit potongan gambar menjadi video animasi.
2. Frame
Frame adalah satuan terkecil dalam video yakni satu gambar yang tersusun dalam rangkaian gambar utuh. Dalam satu detik video animasi biasanya terdiri atas 24 hingga 30 frame.
3. Keyframe
Keyframe adalah bingkai yang digunakan untuk menandai gambar awal dan akhir dalam serangkaian frame. Ini akan membantu kamu untuk menghasilkan gambar dengan smooth.
4. Motion
Motion yaitu fitur yang ada dalam aplikasi pengeditan animasi adobe flash. Ini digunakan untuk membuat pergerakan animasi tanpa membuat banyak keyframe.
5. Rigging
Rigging merupakan teknik animasi untuk menggerakkan objek yaitu dengan memberikan tulang pada karakter animasi. Di dalam rigging ada 3 tahapan yang digunakan yaitu rig terdiri dari joint, controller dan skinning
6. Layer
Layer adalah lembar pekerjaan yang digunakan untuk mengedit karakter dan objek animasi. Dengan adanya layer kita akan lebih mudah dalam mengedit dan mengontrol objek. Kita juga bisa menambahkan layer, apabila menginginkan lebih dari satu layer.
7. Stage
Stage adalah digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
8. Vektor
Animasi vektor adalah animasi yang gerakannya dipengaruhi oleh vektor bukan piksel. Hasil animasi vektor akan lebih bersih dan halus karena menggunakan nilai matematika yang detail.
9. Compositing
Teknik compositing yaitu teknik untuk menggabungkan seluruh shot yang dibuat secara berurutan. Penyusunan shot harus sama dengan storyboard yang telah dibuat hingga menjadi satu bagian utuh.
10. Rendering
Rendering adalah proses yang sangat penting dalam animasi karena mencakup penggabungan semua aspek animasi termasuk efek audio, video, dan teks. Rendering yaitu proses akhir dari pembuatan sebuah grafis.
11. Animasi 2D
Animasi 2D atau animasi dua dimensi adalah jenis animasi yang dapat dinikmati melalui satu sudut pandang. Maksudnya, kamu hanya bisa melihat karakter animasi dalam bidang datar.
12. Animasi 3D
Animasi 3D atau animasi tiga dimensi adalah jenis animasi yang realis dan sangat mirip dengan aslinya. Kamu bisa menikmati gambar animasi 3D dari berbagai sudut pandang.
13. Storyboard
Storyboard merupakan susunan gambar dan cerita yang digunakan oleh animator untuk membuat ilustrasi animasi. Adanya storyboard akan sangat membantu mempercepat pekerjaan animator.
14. VFX (Visual Effects)
VFX adalah efek visual yang digunakan untuk memberikan kesan dramatis dengan menggunakan teknologi CGI. VFX biasanya digunakan dalam pembuatan film, game, iklan yang membutuhkan karakter atau lingkungan dengan efek khusus.
15. SFX (Sound Effects)
Efek spesial atau efek khusus adalah ilusi mata yang digunakan dalam pembuatan film, acara televisi, teater, games, dan lainnya untuk memvisualisasikan peristiwa dalam dunia nyata.
16. 1S, 2S, 3S
Istilah 1S, 2S, dan 3S adalah teknis pengerjaan dalam animasi. Angka tersebut memiliki arti jumlah frame dalam video animasi yaitu 1 frame, 2 frame, dan 3 frame.
17. CGI
CGI adalah singkatan dari Computer Generated Imagery yaitu sebuah efek khusus yang berasal dari teknik pencitraan secara 3D yang diproses oleh komputer di media tertentu.
18. Lipsync
Lipsync adalah sinkronisasi gerakan bibir dengan suara dari voice over (pengisi suara). Untuk mengisi suara atau dubbing ini bisa kamu lakukan sendiri atau menyewa voice over professional.
19. Layout
Layout adalah bidang area yang digunakan untuk memposisikan frame animasi sesuai dengan background. Seorang layout artist bertanggung jawab menginterpretasikan Storyboard, sudut dan karakter untuk membuat gambar utama sebuah adegan.
20. Tekstur
Tekstur merupakan proses penambahan detail permukaan dan warna ke model 3D. Ini dimaksudkan untuk memberikan tampilan yang lebih realistis atau bergaya dalam gambar animasi.
Itu tadi istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia animasi. Jika kamu tertarik belajar dan ingin lebih mahir membuat animasi, kamu bisa belajar seputar dunia animasi di website Animasi Studio.
Kamu bisa belajar seputar animasi dan industri animasi melalui website Animasi Studio. Website ini khusus memberikan informasi dan tips mengenai dunia animasi. Baik istilah animasi, contoh animasi, hingga rekomendasi dan tips and trik membuat animasi loh. Jadi buat kamu yang lagi mau mengembangkan skill, boleh banget nih belajar lewat website Animasi Studio.
Semoga tulisan ini bisa membantu dan memotivasi kamu untuk jadi animator expert ya Teman Belajar!
Baca juga: